Sejarah Perkembangan Internet Dunia

Sumber: www.AnneAhira.com

Siapa yang tak setuju perang? Pastinya kebanyakan orang tidak setuju dengan perang, terutama perang fisik yang menimbulkan korban. Tapi terkadang di balik sebuah kejadian mengerikan seperti perang, ada keuntungan yang bisa diambil. Salah satu contohnya internet.

Sejarah perkembangan internet dunia adalah produk dari perang dingin. Pada tahun 1960-an Rusia berhasil meluncurkan wahana luar angkasa pertamanya yaitu Sputnik. Amerika Serikat yang merasa kalah membuat badan dalam departemen pertahanan yang dinamakan Advanced Research Projects Agency (APRA) yang salah satu tujuannya mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang komputer.

Idenya sederhana, mereka ingin semua komputer terhubung dan bisa saling mengakses melalui kabel telepon. Mereka ingin sebuah sistem peringatan dini bila terjadi serangan nuklir dan sebagainya.

Jaringan pertama hanya menghubungkan empat situs yaitu Stanford research Institute, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah. Kemudian jaringannya diperluas ke seluruh Amerika. Tak mau kalah ilmuwan di Eropa menciptakan World Wide Web (WWW) yang bisa digunakan untuk mengakses informasi dari mana saja. Setelah berevolusi selama puluhan tahun, akhirnya menjadi sejarah perkembangan internet dunia yang kita kenal sekarang.

Akses Internet

Zaman sekarang ini mungkin orang akan disebut kuno bila tidak pernah melakukan koneksi internet. Di abad informasi ini banyak cara untuk terkoneksi melalui internet. Beberapa di antaranya:

  • Akses internet yang melalui telepon nirkabel yang menggunakan jaringan ponsel GSM (Global System for Mobile Communications) atau CDMA (Code Division Multiple Access). Akses ini bisa menggunakan handphone sebagai modemnya atau ada modem khusus yang bisa digunakan.
  • Akses internet yang melalui telepon rumah yang menggunakan teknologi dial-up dan memakai modem DSL (Digital Subscriber Line).
  • Akses internet yang melalui tv kabel atau tv langganan. Cara ini juga menggunakan modem khusus yang biasa disebut cable modem.
  • Akses internet yang melalui wireless access point alias wifi. Akses ini sangat popular saat ini selain akses yang menggunakan jaringan seluler. Sudah banyak tempat-tempat makan seperti café atau restoran, kampus dan sekolahan yang memakai akses internet ini.
  • Akses internet yang melalui gelombang mikro. Akses ini sering digunakan di warnet-warnet.
%d bloggers like this: