Sejarah Facebook – Sebuah Ringkasan

Sumber: www.AnneAhira.com

Semua orang di dunia sudah pasti tahu akan Facebook. Ya! Tentu saja karena situs jejaring sosial ini masih menduduki urutan pertama sebagai situs jejaring sosial terpopuler. Salah satu situs yang menganalisis jumlah pengunjung website mencatat bahwa Facebook setiap bulannnya dibuka oleh sekitar 550.000.000 (lima ratus lima puluh juta) orang di dunia.  Wow! Jumlah yang fantasitis. Lalu, seperti apakah sebenarnya sejarah Facebook itu? Berikut ini ringkasan perjalanan facebook, dari permulaan lahirnya sampai bisa sepopuler sekarang.

Facebook dibuat oleh Mark Zuckerberg dengan nama thefacebook. Saat itu, Mark merupakan seorang mahasiswa Harvard yang melakukan projek bersama Eduardo Saverin untuk bantuan keuangan. Facebook pertama kali dibuat khusus untuk mahasiswa Harvard kemudian berkembang ke Stanford dan Yale. Setelah itu, tak hanya mahasiswa, siswa-siswa di sekolah menengah atas pun bisa bergabung di Facebook.

Setelah Eduardo Saverin, masuklah siswa-siswa Harvard lain yang turut mengembangkan Facebook. Mereka adalah Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Sebulan setelah mereka bergabung, Facebook menjadi sebuah fenomena di antara para siswa dan mahasiswa. Saat itulah, Mark Zuckerberg dan Dustin Moskovitz memutuskan keluar dari Harvard untuk mengejar cita-citanya dalam mengembangkan Facebook secara serius.

Beberapa saat sejak pemunculannya di bulan Februari 2004, Facebook langsung mendapat perhatian yang besar dari para pengguna internet. Di Amerika Serikat sendiri, saat itu, jumlah pengguna Facebook mencapai angka 8 juta akun. Kini, jumlah pengguna Facebook di seluruh dunia mencapai 500 juta akun. Di bulan Agustus 2005, thefacebook secara resmi berganti nama menjadi Facebook dengan nama domain www.facebook.com yang dibeli seharga 200.000 US dolar.

Fitur-fitur Facebook

Dari hari ke hari, Facebook semakin mengalami pengembangan yang menakjubkan. Tak hanya sebagai tempat untuk berbagi kabar dan status, Facebook secara perlahan-lahan menambah fitur yang semakin memanjakan penggunanya. Sebut saja fitur profile yang semakin user friendly; fitur pengunggah foto dan pembuat album yang semakin simpel; serta adanya fitur Facebook Groups, Facebook Events, Facebook Notes, dan Facebook Developers.

Facebook foto merupakan fitur yang menarik di dalam Facebook. Dalam sehari, Facebook bisa mengunggah foto hingga 1,5 juta foto untuk dishare. Seorang pengguna Facebook bisa mengunggah foto tidak terhingga dengan jumlah album yang tidak terhingga pula. Fitur ini merupakan salah satu fitur favorit di facebook.

Facebook Groups dibuat untuk memfasilitasi para pengguna yang ingin berkumpul di dalam grup tertentu. Di fitur ini siapapun bisa mengundang dan diundang untuk bergabung di dalam grup tersebut. Facebook Events dibuat untuk memfasilitasi para pengguna dalam membuat suatu event tertentu.

Di fitur ini juga siapapun bisa mengundang dan diundang untuk ikut berpartisipasi di dalam event tersebut. Facebook Notes dibuat untuk memfasilitasi pengguna Facebook yang suka menulis catatan layaknya menulis di blog pribadi. Di Fitur ini, pengguna dapat men-tag siapapun yang dikehendaki untuk membaca catatan tersebut. Adapun fitur Facebook Developers dibuat di tahun 2006. Fitur ini menawarkan para pengguna untuk aktif di dalam pengembangan Facebook. Misalnya saja dalam member masukan terhadap facebook dalam menambah atau mengurangi fitur-fitur tertentu.

Facebook kini juga bisa diakses tak hanya menggunakan web (komputer atau laptop) saja. Facebook dengan mudah bisa dibuka melalui telepon seluler. Penggunaannya sangat mudah dan simpel. Pengguna hanya cukup mengaktifkan link ke Facebook Mobile.

Bahasa yang digunakan Facebook kini mencapai 70 Bahasa. Tak hanya itu saja, Facebook juga melayani aplikasi games yang banyak pilihannya secara online. Misalnya saja, Zoo Paradise, Hello City, Happy Pets, FrontierVille, Zoo World, FarmVille, Hero World, Mahjong, JellyBombs, MindJolt Games, Social City, Tiki Resort, Treasure Isle, LivingSocial, Geo Challenge, Ninja Saga, Ameba Pico, UNO™, Restaurant City, City of Wonder, Three Kingdoms Online, Pokker, Mafia Wars, dan masih banyak yang lainnya.

Semakin kayanya layanan yang disajikan dalam Facebook membuat situs ini dari hari ke hari, penggunanya semakin banyak saja. Tak heran jika Mark Zuckerberg percaya bahwa Facebook tak akan tergusur oleh situs-situs jejaring sosial yang lain. Benarkah? Kita lihat saja.

%d bloggers like this: