Tips Keuangan Keluarga untuk yang Baru Menikah

Sumber: www.AnneAhira.com

Mungkin Anda dan pasangan Anda baru saja berkomitmen untuk langkah terbesar dalam hidup Anda, yaitu perkawinan. Sekarang ada beberapa pengelolaan rumah tangga yang sulit untuk dilakukan. Salah satu yang terbesar adalah pengelolaan keuangan. Agar hal ini tidak menjadi masalah yang serius, Anda harus mempunyai tips keuangan keluarga yang sehat.

Uang atau penghasilan adalah satu alasan dalam sebuah pernikahan. Demikian juga dalam mengarungi kehidupan rumah tangga. Uang dapat dengan mudah melihat menjadi titik gesekan dalam perkawinan apabila tidak dikelola atau tidak dalam keadaan yang baik. Oleh karenanya, berhasil mengelola keuangan keluarga akan membawa perdamaian bagi Anda dan pasangan Anda dalam menjalani kehidupan rumah tangga Anda.

Berikut ini adalah tips-tips keuangan keluarga bagi Anda yang baru saja membentuk rumah tangga.

Buka Rekening Giro dan Tabungan

Jika Anda dan pasangan Anda sama-sama bekerja, pertimbangkan memiliki rekening giro bersama dengan semua dana dikumpulkan bersama-sama untuk membayar biaya rumah tangga. Sebagian besar orang akan membuka rekening di kedua jenis simpanan tersebut.

Tetapi, hal ini dapat menimbulkan masalah di kemudian hari. Jika pasangan Anda membutuhkan dana lebih dari dari apa yang ia hasilkan, Anda bisa tekor, karena Anda berdua mencoba untuk menggunakan uang yang sama.

Mengatur Anggaran

Buatlah sebuah rincian mengenai jumlah uang yang dihasilkan dan jumlah yang akan dikeluarkan di setiap bulan. Ini akan memberikan gambaran mengenai aliran uang setiap bulan. Apakah keuangan keluarga plus, pendapatan sama dengan pengeluaran, atau malah minus.

Jika anggaran keluarga Anda masih belum dapat memenuhi pengeluaran bulanan Anda, maka pengeluaran harus dievaluasi ulang dan dikurangi untuk memenuhi anggaran. Pengurangan umum mungkin dapat dilakukan dengan membawa makan siang, membawa kopi dari rumah, dan menghindari makan di luar.

Kebutuhan Mendesak atau tak Terduga

Tips keuangan keluarga selanjutnya adalah dengan menyediakan uang untuk menutupi kebutuhan yang mendesak. Yang termasuk dalam kebutuhan ini, antara lain seperti anak sakit, harus menghadiri sebuah undangan keluarga, menjamu klien, dan lain-lain.

Simpan Uang

Jika Anda berencana membeli rumah atau hal-hal lain yang membutuhkan biaya besar, Anda harus menyisihkan uang setiap bulan secara disiplin. Uang simpanan tersebut tidak boleh diganggu sampai akhirnya bisa digunakan untuk membeli rumah atau membayar DP.

Pada umumnya, setiap orang menginginkan hidup terpisah dari orangtua begitu mereka menikah. Nah, masalah terbesar yang harus dihadapi untuk hal ini adalah masalah kepemilikan rumah. Anda dan pasangan harus berjuang ekstra keras karena mahalnya harga rumah sekarang ini.

Evaluasi

Evaluasi pelaksanaan mengenai tips keuangan keluarga yang telah Anda lakukan. Cari tahu apa yang bisa Anda temukan setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah di atas. Dari ini, Anda dapat memutuskan apa prioritas Anda selanjutnya. Bicaralah dengan pasangan Anda ā€“ ia harus memiliki masukan tentang ini sehingga dia tidak merasa seolah-olah ia kehilangan kendali atas keuangan keluarga ā€“ untuk menghindari adanya perselisihan apabila apa yang direncanakan tidak berjalan semestinya.

Tips dan Peringatan

  • Diskusikan dengan pasangan Anda untuk pembelian dalam jumlah besar, seperti kendaraan, rumah, serta sebuah investasi masa depan.
  • Saling terbuka mengenai penggunaan uang yang telah dikeluarkan masing-masing. Ini untuk menghindari pengeluaran pada salah satu pasangan tanpa terkendali. 

  • Percayakan pengelolaan uang rumah tangga kepada salah satu di antara kalian untuk mempermudah pengaturan. Tapi setiap kebijakan harus dibicarakan bersama.
%d bloggers like this: